Peningkatan pembangunan infrastuktur di Indonesia memberi peluang yang cukup besar untuk pemakaian produk balok Girder, khususnya tipe (PC-I). Pada struktur balok Girder dengan penampang tipe I (PC-I) dengan panjang bentang (L) lebih besar dari 45m, rentan terjadi permasalahan defleksi arah horizontal (defleksi lateral). Defleksi lateral ini umumnya terjadi saat proses stressing dan saat proses pengangkutan (lifting).
Inovasi yang dilakukan Tim Engineering, Research & Development (ERD) untuk mengurangi defleksi lateral ini adalah dengan melakukan perubahan dimensi pada penampang PC-I Girder, yaitu dengan melakukan inovasi pada rasio kelangsingan antara panjang produk terhadap dimensi penampang. Dengan melakukan pelebaran pada bagian sayap atas penampang PC-I Girder, sehingga terlihat seperti profil Semi T. Perubahan dimensi ini meningkatkan inersia penampang Girder terutama arah lateral sehingga Girder dapat diereksi tanpa bantuan Stiffener.
Inovasi produk ini telah digunakan pada proyek Pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2A, proyek Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan, dan Proyek Pembangunan Jalan Tol Kapal Betung, Palembang.