All New
Transformation
WSBP

id en

Rumah Khusus Kupang

Pemulihan kerusakan pascabencana banjir dan longsor akibat badai Siklon Tropis Seroja pada April 2021, WSBP membangun 169 unit rumah khusus di dua desa, yaitu Desa Saukibe dan Desa Bokong di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Berjumlah 169 unit, Rusus ini dibangun pada tahun 2021-2022 dengan menggunakan panel RISHA (Rumah Instan Sederhana Sehat), sebagai relokasi untuk warga yang terkena dampak dari banjir di wilayah Desa Saukibe dan Desa Bokong, Taebenu, Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Rumah ini menggunakan desain Rumah Instan Sederhana Sehat (RISHA) yang menggunakan metode dan teknologi knock down sehingga dapat dibangun dengan cepat menggunakan bahan beton bertulang pada struktur utamanya. Lingkungan perumahan relokasi ini dilengkapi juga dengan prasarana dasar pemukiman jaringan air bersih, jaringan sanitasi, jalan lingkungan, saluran drainase, dan fasilitas umum lainnya.

Pada proses pembangunannya, WSBP menyuplai RISHA, unit air baku, unit air minum, dan sanitasi. Selain itu juga mengerjakan konstruksi infrastruktur dan instalasi produk beton.  Rumah yang dibangun menggunakan RISHA ini dapat bertahan saat terjadi goncangan gempa, lebih ramah lingkungan, dan lebih cepat dan efisien dalam proses pembangunannya.

Harapannya melalui Rumah Khusus di Kupang ini dapat membantu pemulihan paska bencana.