Ide dan pemikiran buktikkan hasil kinerja yang unggul

Semi T Girder

PT Waskita Beton Precast Assets


Peningkatan pembangunan infrastuktur di Indonesia memberi peluang yang cukup besar untuk pemakaian produk balok Girder, khususnya tipe (PC-I). Pada struktur balok Girder dengan penampang tipe I (PC-I) dengan panjang bentang (L) lebih besar dari 45m, rentan terjadi permasalahan defleksi arah horizontal (defleksi lateral). Defleksi lateral ini umumnya terjadi saat proses stressing dan saat proses pengangkutan (lifting).

 

Inovasi yang dilakukan Tim Engineering, Research & Development (ERD) untuk mengurangi defleksi lateral ini adalah dengan melakukan perubahan dimensi pada penampang PC-I Girder, yaitu dengan melakukan inovasi pada rasio kelangsingan antara panjang produk terhadap dimensi penampang. Dengan melakukan pelebaran pada bagian sayap atas penampang PC-I Girder, sehingga terlihat seperti profil Semi T. Perubahan dimensi ini meningkatkan inersia penampang Girder terutama arah lateral sehingga Girder dapat diereksi tanpa bantuan Stiffener.

 

Inovasi produk ini telah digunakan pada proyek Pembangunan Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) Seksi 2A, proyek Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing, proyek Jalan Tol Jakarta-Cikampek 2 Selatan, dan Proyek Pembangunan Jalan Tol Kapal Betung, Palembang.

 

Baca Inovasi Lainnya
SPRigWP adalah inovasi produk sistem perkerasan betok kaku bertulang menerus (Continuous Reinforced...
PT Waskita Beton Precast Assets
Bantalan Jalan Rel Tipe 1067 dan Tipe 1435
Bantalan Jalan Rel atau BJR (Railway Sleeper) merupakan komponen struktur jalan kereta api tempat re...
PT Waskita Beton Precast Assets
Pretensioned Spun High Strength Concrete (PHC)
Pretensioned Spun High Strength Concrete (PHC) merupakan tiang pancang berkekuatan tinggi, yang dipr...
Beton Porous adalah jenis beton khusus dengan porositas tinggi yang diaplikasikan sebagai plat beton...
Beton Serat atau Beton Fiber adalah beton yang ditambahkan serat dalam proses pembuatannya yang bert...