All New
Transformation
WSBP

id en

WSBP Capai Cashflow Positif di 2018

Tags :

Share :

Jakarta, 18 Desember 2018. “Hingga akhir tahun 2018, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) diproyeksikan mencatatkan cashflow  operasional positif setidaknya sekitar Rp 1,1 triliun,”ungkap Anton YT Nugroho, Direktur Keuangan PT Waskita Beton Precast Tbk.

Hingga akhir November 2018, WSBP telah memperoleh penerimaan termin sekitar Rp 9,6 triliun. Penerimaan ini berasal dari beberapa proyek jalan tol yaitu proyek Jalan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) sebesar Rp 1,1 triliun, proyek Jalan Tol Krian-Legundi-Bunder-Manyar (KLBM) sebesar Rp 250 miliar, dan proyek lainnya.

Kemudian, pada bulan Desember 2018 WSBP diproyeksikan akan menerima tambahan penerimaan termin sebesar Rp 1,8 triliun yang berasal dari Proyek Jalan Tol KLBM sebesar Rp 1,6 triliun dan pembayaran termin dari proyek lainnya.

“Rasio utang berbunga terhadap modal saat ini masih di bawah 1x, di mana masih jauh dari batas yang ditentukan sebesar 2,5x. Hal ini menunjukkan posisi keuangan WSBP yang sangat baik,” ujarnya.

Adapun WSBP menargetkan nilai kontrak baru sebesar Rp 6,6 triliun sepanjang tahun 2018. Kontrak baru ini berasal dari beberapa proyek besar yang tengah disuplai oleh WSBP, antara lain pekerjaan tambahan Proyek Jalan Tol Cibitung-Cilincing, pekerjaan tambahan Proyek Kulonprogo I, pekerjaan tambahan RDMP (Refinery Development Master Plan) RU V Balikpapan, dan proyek lainnya. Hingga per November 2018, perolehan kontrak baru WSBP berasal dari proyek internal sebesar 60% dan proyek eksternal sebesar 40%. Selanjutnya, pada tahun 2019, WSBP menargetkan perolehan nilai kontrak baru sebesar Rp 10,39 triliun baik dari proyek internal maupun eksternal.

Dengan kinerja yang positif ini, perusahaan pun sudah memiliki strategi untuk memacu pertumbuhan, yaitu dengan melakukan diversifikasi produk ke lini bisnis pada proyek jalan dan jembatan, kereta api, residensial, dan energi. Kedua, WSBP melakukan ekspansi supply chaindengan mengakuisisi quarry, transporter, dan besi/baja masih dalam tahap feasibility study.

Sebagai informasi, untuk mendukung komitmen untuk menciptakan inovasi produk dan meningkatkan kualitas produk, WSBP membangun sebuah laboratorium pusat di Karawang dan dilengkapi adanya Learning Center yang nantinya menjadi awal mula menuju WSBP Corporate University. Tentunya dengan pembelajaran yang lebih proaktif, bersifat jangka panjang, selaras dengan strategi bisnis perusahaan, dan lain sebagainya.

Kemudian, baru saja WSBP berhasil meraih The Best CEO 2018 dan TOP IT & TELCO 2018 dalam kategori Top Leader on IT Leadership 2018 yang diberikan kepada Bapak Jarot Subana (Direktur Utama), Top Digital Transformation Readiness 2018, serta Top IT on IT Policy Management 2018.

Sekilas PT Waskita Beton Precast Tbk

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) terbentuk resmi sebagai entitas anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) pada 7 Oktober 2014. WSBP adalah perusahaan produksi beton precast dan ready mix dengan kapasitas produksi saat ini terbesar di Indonesia. Perseroan mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 20 September 2016. Hingga per 2018, WSBP mengelola 11 plant, 82 batching plant, dan 5 quarry.

Selain itu, WSBP menerima predikat The IDX Top Ten Blue 2017. Kinerja WSBP juga didukung dengan 3 (tiga) sertifikasi sistem manajemen terintegrasi pada tahun 2017 yaitu ISO 9001: 2015 terkait Quality Management System, 14001:2015 mengenai Environment Management System, dan OHSAS 18001:2007 mengenai Occupational, Health and Safety Management System sebagai suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja/K3.

Contact Person

Ratna Ningrum

Sekretaris Perusahaan

PT Waskita Beton Precast Tbk

ratna@waskitaprecast.co.id

Baca Lainnya

Posting Terbaru

Konten Populer
di belajarbeton.com