All New
Transformation
WSBP

id en

Suplai Proyek Infrastruktur Perairan, WSBP Produksi PC Beam dan PC Plank untuk Lotte Line Project

Share :

Jakarta, September 2023. Tidak hanya menyuplai proyek besar di jalan tol, jalan, bendungan, gedung dan proyek lainnya, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) unjuk diri dalam proyek infrastruktur perairan melalui suplai produk untuk proyek pembangunan jetty atau dermaga untuk pengiriman produk dari pabrik kimia yaitu Lotte Chemical Indonesia New Ethylene Project (LINE Project). Raihan kontrak proyek dari PT Lotte Chemical Indonesia ini berlokasi di Cilegon, Provinsi Banten dengan nilai kontrak sebesar Rp2,67 miliar.

“Pengalaman kami dalam menyuplai produk dalam pembangunan infrastruktur tidak diragukan lagi. Sehingga WSBP bisa mendapat kepercayaan untuk menyuplai Pembangunan pabrik Lotte Chemical ini,”ujar Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary.

Penyelesaian suplai proyek ini juga mendapat dukungan penuh dari Presiden RI Joko Widodo yang melakukan kunjungan langsung ke lokasi Proyek Lotte Chemical pada (12/9) lalu. Presiden mengatakan pabrik kimia ini ditargetkan selesai pada tahun 2025 sehingga nantinya bisa menyuplai barang-barang petrokimia untuk lokal dan ekspor.

Untuk menyelesaikan komitmen besar tersebut, pada proyek ini Lotte Line Project ini khususnya pada area WP7 (Work Package 7/Paket Pekerjaan 7), WSBP menyuplai PC Beam dan PC Plank sebagai komponen Jetty Control Building (JCB). “Kami suplai untuk jetty seluas ± 1017 m2 yang bertujuan untuk mempermudah akses supply chain bahan baku material plastik curah dari kapal menuju tangki,”ujarnya.

Adapun PC Beam (pengganti balok/seperti girder) berfungsi untuk menerima dan meneruskan beban horizontal maupun vertikal yang diterimanya, menuju balok maupun kolom struktur untuk diteruskan menuju pondasi. Sedangkan PC plank berfungsi untuk menyalurkan beban mati maupun hidup ke rangka pendukung sehingga menambah kekakuan sebuah bangunan.

Sebanyak 65 pcs produk yang terdiri dari 40 pcs PC Beam dan 25 pcs PC Plank diproduksi dan dikirimkan langsung dari salah satu plant terbesar milik WSBP, yaitu Plant Bojonegara. Tidak hanya produk standar, WSBP juga memproduksi produk kustomisasi sebanyak 27 tipe produk dari total 65 pcs produk yang disuplai tersebut. Produk yang dikirimkan ini memiliki spesifikasi PC Beam dan PC Plank produk precast tanpa stressing dan rough surface (finishing permukaan kasar) pada produk di beberapa penampang untuk joint cor in situ.

Fandy menyatakan bahwa seluruh proses produksi sudah selesai. Pengiriman PC Beam dilakukan bertahap melalui jalur darat menggunakan truk trailer, sedangkan PC Plank akan dikirimkan melalui jalur laut menggunakan tongkang secara langsung. “Saat ini seluruh proses produksi sudah selesai 100% dan produk telah sampai di lokasi proyek,”tambahnya.

WSBP berkomitmen untuk menyelesaikan suplai sesuai dengan target yang ditentukan. “Kami juga menjamin proses produksi hingga pekerjaan selesai dilakukan dengan implementasi prosedur pengendalian mutu dan HSE yang baik,”ujar Fandy. Selain itu dengan penggunaan produk precast untuk pembangunan jetty ini pengerjaan struktur bangunan JCB akan jauh lebih praktis, lebih presisi dan meminimalkan kesalahan dalam pengerjaan di proyek.

Hal ini juga akan berdampak pada proses pemasangan yang akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan beton cast in situ. “Selain itu pekerjaan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan beton cor konvensional,”ungkapnya.

Nantinya WSBP akan kembali menyuplai PC Beam dan PC Plank untuk lanjutan dari proyek ini yaitu Berth #5 Jetty Lotte LINE Project – WP7 dengan nilai kontrak sekitar Rp4,61 miliar. “Untuk proyek lanjutan ini nantinya kami akan produksi dan kirim 35 pcs PC Beam dan 57 pcs PC Plank,”tutup Fandy.

Sebagai informasi sebelumnya WSBP telah menjadi supplier berpengalaman untuk beberapa proyek infrastruktur perairan antara lain Dermaga CPO Ketapang Pelabuhan Pangkal Balam Pangkal Pinang, Pelabuhan Sisi Darat Penajam Paser Utara, Dermaga Bongkar Muat Jukung (Kapal Barang) di Sumatra Selatan, dan Proyek Revertment & Retaining Wall Dermaga Benoa.

 

Baca Lainnya

Posting Terbaru

Konten Populer
di belajarbeton.com