All New
Transformation
WSBP

id en

Raih 3 Penghargaan pada Indonesia Safety Excellence Awards 2023, WSBP Berhasil Jaga Komitmen Safety di Lingkungan Kerja

Jakarta, Oktober 2023. Awal TW IV/2023 ini PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) berhasil meraih 3 penghargaan dari ajang Indonesia Safety Excellence Awards 2023 sebagai sebuah penghargaan di bidang HSE (Health, Safety and Environment). Adapun apresiasi yang diterima oleh WSBP pada Rabu (11/10) lalu di Jakarta ini, antara lain:

  • 4 Stars The Best Safety Management in BUMN Company
  • 4 Stars The Best Safety Education
  • The Best Leadership on Safety Culture untuk VP of QHSE (Irvan Pandjaitan)

“Kami mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan kepada WSBP. Ini membuktikan bahwa WSBP berhasil menjalankan Sistem Manajemen K3 sesuai standar ISO 45001 dan SMK3, mengembangkan kompetensi dan peningkatan awareness mengenai budaya K3 di lingkungan perusahaan, ”ujar Fandy Dewanto, VP of Corporate Secretary.

Selain itu terus melakukan improvement kebijakan dengan safety golden rules sebagai peningkatan komitmen perusahaan dalam penerapan K3L dan sebagai sarana mencegah terjadinya kecelakaan kerja yang berpotensi menyebabkan kerugian bagi manusia, lingkungan dan aset perusahaan, menerapkan target pelaporan Safety Observation dan Nearmiss, dan memperbarui target kinerja HSE di lingkungan perusahaan.

Kemudian dari sisi kepemimpinan, peran pro aktif dalam implementasi aspek safety khususnya dalam melakukan monitoring dan memastikan pengendalian serta implementasinya, tindakan pencegahan terhadap risiko, dan pendekatan secara persuasif dalam meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya HSE.

Sebagai perusahaan manufaktur precast, readymix, dan jasa konstruksi besar di Indonesia, WSBP memiliki kualitas safety yang baik di lingkungan kerja perusahaan baik corporate office maupun unit business (plant, batching plant, quarry, proyek, dan sales area). Hal ini sejalan dengan budaya HSE perusahaan yaitu “Tanggung Jawab QHSE ada di Saya”, di mana tanggung jawab dalam menerapkan QHSE di lingkungan perusahaan bukan lagi menjadi tanggung jawab dari beberapa pihak, namun sudah menjadi tanggung jawab bersama.

“Tanggung jawab bersama ini juga terlihat dari adanya koordinasi yang baik antara corporate office dan seluruh unit bisnis dalam menyusun dan mengimpelentasikan program safety,”ungkap Fandy. Implementasi QHSE di WSBP ini tentunya didukung dengan adanya kebijakan dan prosedur yang menjadi panduan dalam setiap program HSE yang dilakukan seperti Kebijakan Perlindungan Pekerja dari Kecelakan dan Penyakit Akibat Kerja, Kebijakan Penghentian Pekerjaan, Kebijakan Larangan Narkoba dan Alkohol, Kebijakan Merokok, Kebijakan HIV/AIDS.

“Kebijakan ini menjadi dasar untuk mendukung terciptanya pengelolaan K3 secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga terwujud tujuan perusahaan untuk melindungi kesehatan dan keselamatan pegawai serta lingkungan hidup agar mencapai lingkungan kerja yang aman dan nyaman,”jelasnya.

Tidak hanya itu, dalam setiap kegiatan operasional perusahaan, WSBP selalu mengedepankan Tata Kelola Perusahaan yang Baik dan manajemen risiko serta meraih kontrak-kontrak proyek dengan kondisi keuangan yang sehat.

Ke depannya, WSBP akan terus berkomitmen untuk melakukan improvement pada berbagai aspek, mulai dari sisi sistem (prosedur, pelaporan kinerja K3), program (pelatihan, peningkatan awareness, campaign, sosialisasi, sharing knowledge, morning briefing dan rapat rutin), implementasi di lapangan kerja, evaluasi atas kinerja K3 (inspeksi berkala, audit internal dan eksternal). “Ini semua dapat terealisasikan dengan dukungan dan komitmen BOD serta seluruh Insan WSBP,”ujarnya.

Sebagai informasi penilaian dan penentuan pemenang pada Indonesia Safety Excellence Awards 2023 ini dilakukan berdasarkan wawancara penjurian pada beberapa kategori yaitu Implementasi SMK3, Business Continue Management System, Manajemen Transformasi Digital /implementasi kolaborasi dengan SMK3, Inovasi program unggulan yang sudah dilakukan dalam K3, Kebijakan dan prosedur K3 & Eco Green, dan Aspek Budaya Digital.

Baca Lainnya

Posting Terbaru

Konten Populer
di belajarbeton.com