All New
Transformation
WSBP

id en

Inovasi Produk Readymix, WSBP Suplai Mortar Foam ke Proyek Jembatan FO Sekip Palembang

Share :

Jakarta, September 2023. Berpengalaman menyuplai produk precast dan readymix untuk proyek-proyek infrastruktur di Indonesia yang memiliki beragam topografi, PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) terus berinovasi untuk menghadirkan produk-produk yang dapat meningkatkan hasil konstruksinya. Salah satunya adalah penggunaan mortar foam/mortar busa pada Proyek Jembatan Fly Over Sekip di Palembang sepanjang 660 meter dengan nilai kontrak sebesar Rp 13,4 miliar.

Mortar Busa merupakan optimalisasi penggunaan busa dengan mortar (pasir, semen dan air) yang ideal digunakan sebagai dasar perkerasan jalan pada tanah lunak. Mortar busa memiliki berat yang ringan di mana density maksimum 0,8 gr/cm3 untuk lapis dasar dan density maksimum 0,6 gr/cm3 untuk lapis sub-base.

Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary menyatakan bahwa mortar foam ini terwujud melalui hasil riset engineering WSBP sebagai salah satu solusi untuk mengatasi efek dari tanah lunak dan gambut serta instabilitas tanah timbunan pada tanah di lokasi proyek.

Inovasi ini cocok digunakan sebagai timbunan pondasi jalan dan oprit jembatan di atas tanah lunak, meminimumkan masalah penurunan timbunan, tidak dibutuhkan pemadatan, penghematan biaya konstruksi, lebih stabil karena karakteristik mortar foam sama dengan beton, dan kualitas produk lebih terjamin, sesuai dengan spesifikasi teknis.

Proyek FO Sekip Ujung Palembang ini merupakan proyek Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat) RI yang saat ini kontruksinya dikerjakan oleh Waskita-Kencana KSO, dan disuplai oleh WSBP.

“Kami menyuplai sejak Februari 2023 dan ditargetkan selesai suplai pada akhir tahun 2023. Hingga saat ini progress suplai mortar foam sebanyak 16 ribu m3 sebesar 18,75 %.”tambahnya. Proses suplai mortar foam ke lokasi proyek menggunakan truck mixer, di mana pengiriman mortar dicampur di batching plant sesuai dengan desain yang telah diuji dan disepakati bersama.

Tidak hanya mortar foam, WSBP juga menyuplai PC-U Girder sebanyak 28 bentang dari Plant Gasing dan readymix mutu dari Fc’ 10 sampai dengan Fc’ 50 dengan total volume 6.950 m3 dari Precast Plant WSBP di Gasing, Batching Plant WSBP di Soekarno-Hatta, Palembang. Untuk PC-U Girder, WSBP sudah mengirimkan sejak 28 Agustus 2023 dan ditargetkan selesai suplai kirim pada akhir November 2023 “Saat ini progress suplai sudah mencapai 25%,”ujarnya.

Ia menambahkan progress suplai readymix Fc’ 10 sampai dengan Fc’50  sudah mencapai 48,80% dan ditargetkan akan selesai pada Februari 2024. ”Untuk readymix kami sudah suplai sejak bulan September 2022,”kata Fandy.

Harapannya setelah proyek selesai dapat semakin memudahkan akses, mobilitas dan aktivitas masyarakat di Palembang. “Selanjutnya kami menargetkan mortar foam dapat digunakan pada proyek di IKN Nusantara,”katanya.

Sebagaimana diketahui target ke depannya, WSBP akan mengincar proyek-proyek di IKN lainnya antara lain pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan (jalan akses tambang, proyek jalan akses IKN dan proyek jalan preservasi) dan pembangunan gedung (gedung pendidikan dan hunian). “WBSP menilai IKN adalah suatu peluang yang sangat bagus karena berpeluang menyerap kebutuhan yang menjadi core business perusahaan,”tutupnya.

Baca Lainnya

Posting Terbaru

Konten Populer
di belajarbeton.com