All New
Transformation
WSBP

id en

Inovasi Plant Karawang: WSBP Terus Berinovasi dalam Berstrategi

Share :

Jakarta, 27 Februari 2018 – PT Waskita beton Precast Tbk (WSBP) dituntut untuk terus berinovasi dalam mengembangkan beragam produk baru yang berkualitas dan sejalan dengan permintaan pasar, serta produk-produk customized yang dibuat sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Hal ini sejalan dengan misi perusahaan yaitu membuat produk berkualitas, memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pelanggan serta melakukan inovasi dalam pengembangan produk dan mendapatkan pengakuan dari pelanggan.

Guna mewujudkan misi tersebut, perusahaan yang masuk dalam Indeks LQ45 dan Kompas 100 ini membangun laboratorium/lab yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat yang terdiri dari 3 lantai dengan luas total 1,1 ha dan luas bangunan 2.261 m2. Pembangunan lab yang dimulai sejak Oktober 2017 ini merupakan langkah WSBP untuk semakin melengkapi lab-lab yang sudah dimiliki sebelumnya di setiap Plant. Adapun lab yang akan aktif beroperasi pada Mei 2018 ini diperuntukkan untuk kegiatan penelitian guna menunjang lahirnya produk dan inovasi agar dapat terus melaksanakan pembangunan proyek-proyek secara maksimal.

Anton YT Nugroho, Direktur Pengembangan Bisnis & SDM PT Waskita Beton Precast Tbk menyatakan bahwa Lab ini dibangun sebagai fasilitas yang lebih lengkap untuk melakukan penelitian dan pengujian produk, dan sebagai sarana dalam mengembangkan inovasi-inovasi produk baru. Selain itu, untuk mencapai visi dan misi perusahaan yaitu menciptakan produk yang sesuai dengan persyaratan dan berinovasi dalam pengembangan produk.

“Dengan adanya Lab ini kami dapat menghasilkan produk baru, JMF (Job Mix Formula), inovasi produk/pengembangan produk,” tegasnya. Adapun fasilitas yang terdapat di dalam Lab tersebut, antara lain Workshop Laboratorium Struktur dan Laboratorium Bahan, ruang kantor, dan tempat pembinaan (learning center) untuk pelatihan teknisi/QC mengenai material, quality control, dan sebagainya.

(Ket: Foto dokumentasi terlampir)

Sekilas PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP)

PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) terbentuk resmi sebagai entitas anak usaha PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) pada 7 Oktober 2014. WSBP adalah perusahaan produksi beton precast dan ready mix dengan kapasitas produksi saat ini terbesar di Indonesia. Perseroan mencatatkan saham perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada 20 September 2016.

Setelah IPO 2016, berbagai pencapaian pun berhasil diterima oleh perusahaan, di antaranya meraih Alpha 10th Annual Best Deal & Solution Award Southeast Asia 2016, dengan penyerapan dana IPO sebesar Rp 5,1 triliun. Kemudian, WSBP juga masuk dalam Index Morgan Stanley Capital Internasional (MSCI) 2017, Index LQ45 pada awal tahun 2018, dan Indeks Kompas 100 pada tahun 2018.

Selain itu, WSBP memperoleh 3 (tiga) sertifikasi sistem manajemen terintegrasi pada tahun 2017 yaitu ISO 9001: 2015 terkait Quality Management System, 14001:2015 mengenai Environment Management System, dan OHSAS 18001:2007 mengenai Occupational, Health and Safety Management System sebagai suatu standar internasional untuk Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja/K3.

Adapun sejumlah proyek besar yang telah diselesaikan dengan menggunakan produk precast readymix WSBP, antara lain Jalan Tol Benoa Bali, Jalan Tol Gempol-Pasuruan, Jalan Tol Gempol-Porong, Jalan Tol Pejagan-Pemalang paket 1 dan 2, LRT Palembang, Jalan Tol Becakayu seksi 1b dan 1c, Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jalur Khusus Busway Adam Malik, Underpass Palembang, dan lain-lain.

Sumber: Sekretaris Perusahaan PT. Waskita Beton Precast, Tbk

Baca Lainnya

Posting Terbaru

Konten Populer
di belajarbeton.com