All New
Transformation
WSBP

id en

Beton Fiber

Tags :

Share :

Beton Serat atau Beton Fiber adalah beton yang ditambahkan serat dalam proses pembuatannya yang bertujuan untuk meningkatkan kuat tarik beton. Serat yang digunakan dalam pengembangan inovasi ini adalah jenis Macro Synthetic Fiber. WSBP telah mengembangkan produk Beton Fiber untuk produk Readymix maupun Precast.

Macro Synthetic Fiber sudah digunakan pada beton bawah tanah, beton untuk jalan, dan beberapa produk Precast sejak tahun 1990. Macro Synthetic Fiber dapat digunakan sebagian/sepenuhnya sebagai pengganti tulangan konvensional sistem pendukung kontinyu seperti beton bertulang dan beton yang menempel di tanah (ACI 455.4R-18). Pada proses pengerjaannya, Beton Fiber ini sama saja dengan beton konvensional.

Keunggulan Beton Fiber di antaranya:

  1. Serat terdistribusi secara acak di dalam volume beton. Hal ini akan memberi tahanan berimbang ke segala arah dan memberi keuntungan material struktur yang dipersiapkan untuk menahan beban gempa dan angin.
  2. Perbaikan perilaku deformasi. Seperti ketahanan terhadap impak, dakilitas yang lebih besar, kuat lentur, dan kapasitas torsi yang lebih baik.
  3. Peningkatan ketahanan pengelupasan. Peningkatan ketahanan pengelupasan (spalling) dan retak pada selimut beton akan membantu menghambat korosi besi tulangan dari serangan kondisi lingkungan yang berpotensi korosi.
  4. Meningkatkan ketahanan beton. Meningkatkan ketahanan beton terhadap formasi dan pembentukan retak.

Baca Lainnya

Posting Terbaru

Konten Populer
di belajarbeton.com